mengomikkan soroako, menyoroakokan komik

Upaya komikal mendokumentasikan dinamika Sorowako

Pesona Gunung Nona Enrekang

Buntu Kabobong dalam bahasa Enrekang (Massenrempulu) berarti gunung erotis. Pasalnya gigir gunung yang berlipat-lipat ini kerapkali diasosiasikan dengan alat kelamin wanita. Layaklah jika kemudian populer dengan sebutan Gunung Nona 🙂
Penelitian geologi mengungkap badan gunung, atau lebih tepatnya bukit, yang berada di kaki Buntu Bambapuang ini terbentuk dari batu pasir. Konon dari dasar laut yang terangkat akibat tumbukan lempeng benua.

Terletak di jalan poros Makassar-Toraja, Gunung Nona menjadi pemandangan menarik sepanjang berkilo-kilometer perjalanan. Kalau mau menyaksikannya sembari bersantap, bisa mampir di Villa Bambapuang yang dikelola oleh Pemda Enrekang. Coba cicipi Nasu Cemba (mirip-mirip konro, tapi ditambahkan daun asam) juga minuman hangat perpaduan jahe, susu, serai (namanya lupa…maap, maap)–updated: namanya Teh Kotu! Yes! 🙂

buntu-kabobong-enrekang

Advertisements

17 comments on “Pesona Gunung Nona Enrekang

  1. yufinats
    July 29, 2009

    teh kotu namanya

    • sendaljepit
      July 31, 2009

      iyup, lupaka. ingetnya cuman nama-nama yang berbau jepang gitu…oshin, misalnya. atau ajinomoto…haha

  2. ivanbatara
    July 31, 2009

    keknya saya familiar sekali dengan gunung ini *ahhh sy lupa.

    btw…. jokka terus… *kerenn. hahaha
    happy traveling ^_^

    • sendaljepit
      July 31, 2009

      familiar? wah mencurigakan ini 😛 laporkan juga perjalanta dengan komik van, submit saja cerita plus foto-foto, nanti saya rangkai di sini 🙂

    • yufinats
      December 3, 2009

      familiar? liat di film apa van hehehehehe :p

  3. chokey
    July 31, 2009

    Teringat jaman STM dulu…ada juga fotoku disitu hahha.

  4. rikman
    October 15, 2009

    enrekang tanah kelahirang ku…. walaupun aq tinggal di sidrap, aq tidak akan melupakan tanah kelahiranku….

    • yufinats
      January 8, 2010

      iye’ Rikman…
      nda bisa dilu tanah kelahiranta’
      wah…di sidrap yah?banyak telur bebek tuh 🙂

      • rikman
        December 29, 2010

        iye.. betulll salam kenalx

  5. ayahelmy
    November 30, 2009

    Pak sandaljepit, Nona Enrekangnya pake kaos putih itu ya? Bukannya itu Nona Sorowako yang sudah jadi Nyonya??

    • yufinats
      December 3, 2009

      nona udah ganti baju…nggak lagi pake kaos puti ayahelmi 🙂

  6. inals
    December 13, 2009

    tau ga asal mula nama DANGKE itu.konon dlu tentara sekutu dtng k bumi maspul.yaitu Amerika dan konco2nya termasuk jerman.orang2 kita memberi itu ke salah satu serdadu jerman,spontan serdadu itu bilang DANGKE.maka orang kita langsung bilang oo…oh ini namanya DANGKE.SEJAK itulah nama DANGKE mulai melekat.padahal serdadu itu blng dangke karena dangke dalam bahasa jerman artinya TERIMA KASIH

  7. alifpamunga
    May 10, 2010

    aja ballo gaja ya tu buntu by alif sd 39 cakke

  8. Tidak menarik :)
    June 28, 2010

    Hi salam kenal semua…. terutama inals. 🙂 Penjelasan yang “logis” tentang DANKE *haha*, tapi apa tentara sekutu itu bukan terdiri dari Amerika, Prancis, Rusia, Ingris? Dan Jerman adalah musuh mereka, atau ada sekutu lain dimasa itu dimana Jerman termasuk didalamnya? Kalau bisa tolong jelaskan ya, karena relative menarik penjelasannya seperti kata DANKE tadi. *hehe*

  9. bakry
    August 19, 2010

    enrekang adalah kota asalku, walaupun sekarang saya ada di manado tapi enrekang tidak akan kulupakan

  10. Hatya
    March 19, 2011

    Wuih jadi pengen pulang kampung halaman ortu, ngak bisa dilupakan indahnya pesona disana!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 29, 2009 by in Misc and tagged , , , , , , , .
%d bloggers like this: